Kuliah D4?? Diploma atau Sarjana??


Hallo guys!! Sudah sekian lama gak muncul akhirnya saya kembali nulis lagi. Hehe maklum sibuk kuliah :')

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas seputar kuliah di jenjang Diploma 4. Sebenarnya apa sih diploma 4 itu??
Diploma 4 merupakan jenjang pendidikan tinggi bidang vokasi yang levelnya berada di level 6 kkni. Maksudnya apa kak? Jadi maksudnya disini program diploma 4 itu setara dengan program strata 1 atau yang lebih dikenal dengan S1. Jadi buat adek adek atau orang tua yang masih bingung mau melanjutkan kuliah di jenjang apa jangan risau ya,hehe.
Lantas, kalau D4 sama dengan S1 bedanya dimana kak?
Disini bedanya. Ok let's go!!

Pertama. D4 adalah jenjang pendidikan profesional yang lebih menekankan pada aspek keterampilan. Berbeda dengan S1 yang lebih menekankan pada aspek teori .
Kedua. Jurusan D4 biasanya langsung spesifik kearah bidang keahlian tertentu, sedangkan S1 masih universal ke bidang dasarnya.
Contohnya :
D4 = Teknik Pengelolaan Alat Berat, Teknik Konstruksi Gedung, Manajemen Pemasaran dan lain lain.
S1 = Teknik Sipil, Teknik Mesin, Akuntansi, Manajemen, dan lain lain. Tapi pada intinya kompetensi diantara dua jenjang tersebut tetap sama kok.
Ketiga. Gelarnya. Kalau S1 itu gelarnya diawali huruf "S" lalu diikuti dengan bidangnya, misalnya Sarjana Teknik (S.T), Sarjana Sosial (S.Sos). Dal lain lain. Sedangkan untuk D4 bidang apapun gelarnya tetap sama, yakni Sarjana Sains Terapan (S.ST)

Kalo perbedaannya udah, lalu persamaannya apa kak?
Ini nih persamaannya. Diploma 4 dan Strata 1 sudah diakui setara berdasarkan Kementrian riset, teknologi, dan pendidikan tinggi. Jadi buat adek2 yang ingin kuliah S1 atau D4 jangan risau lagi ya :) tenang, sama sama sarjananya kok hehe..
Untuk di dunia kerja keduanya sudah diakui setara oleh perusahaan. Yah meskipun ada beberapa perusahaan yang masih belum mengerti keberadaan D4 akan tetapi lambat laun makin banyak yang mengerti. Bahkan ada perusahaan yang menilai lulusan D4 dinilai lebih terampil ketimbang S1. Tapi intinya sama saja kok. Jadi jangan minder ya bagi yang kuliah di D4 :) (Tenang, saya juga kuliah D4 kok. hehe).
Mungkin cukup sekian postingan saya pada kesempatan kali ini. Semoga bisa membantu bagi yang masih bingung ingin kuliah dimana dan bermanfaat buat orang lain. Thank you!!

Comments

Popular Posts