Tentang SBMPTN 2017

SBMPTN itu apa? ya, SBMPTN itu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. maksudnya gimana? jadi SBMPTN itu pola seleksi masuk PTN yang menggunakan ujian tulis dan ujian keterampilan. jadi kita bakalan di tes kemampuan akademik dan keterampilan kita untuk diseleksi agar bisa diterima di PTN yang diinginkan.

Apa saja yang diujikan di SBMPTN?
Yaitu pertama Tes Kemampuan dan Potensi Akademik. isinya seperti tes verbal,numerik,vigural,matematika dasar,bahasa indonesia,dan bahasa inggris.Kedua adalah Tes Kemempuan Dasar Saintek atau Soshum,yaitu tes kemampuan bidang yang terkait dengan ilmu sains dan teknologi atau sosial dan humaniora. Tapi tenang saja,kamu gak bakal ikut kedua TKD itu asalkan tidak memilih IPC (Campuran). Jadi misalkan kamu ambil jurusan rumpun IPA semua berarti kamu ikut tes TKPA dan TKD Saintek saja. Jika memilih jurusan IPS berarti TKPA dan TKD Soshum.

Soalnya Gampang atau Susah?
Menurut pengalaman saya soalnya itu susah sekali. Entah karena saya sendiri yang tidak bisa atau memang soalnya yang asli susah :).Waktu tes aja saya hanya mengerjakan tidak sampai separuh dari total jumlah soal. Ya,Total soalnya 150,TKPA 90 soal dan TKD 60 soal. 

Sekian penjelasan saya tentang SBMPTN semoga bermanfaat.

Comments

Popular Posts